Sunday 5 July 2015

Posted by Unknown |
TUGAS 5 SISTEM BERKAS
MAKALAH ORGANISASI INDEXED RANDOM

 
Disusun oleh :
NIM : 12.105.1115     Nama : Muhammad Dimas Eko Pangestu

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND
YOGYAKARTA
2015


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
         Komputer dapat menyimpan informasi dalam berbagai bentuk fisik tempat penyimpanan seperti pita magnetik, disk dan lain-lain. Sistem operasi memberikan pandangan logis yang sejenis dari tempat penyimpanan informasi.
   Bentuk penyimpanan abstraksi dari unit penyimpan informasi dalam bentuk fisik adalah file. File-file dipetakan oleh sistem operasi ke dalam peralatan fisik. File adalah sekumpulan informasi yang saling berkaitan dan didefinisikan oleh pembuatnya. Umumnya berkas adalah sekumpulan bit, byte, record di mana artinya didefinisikan oleh pembuat dan pemakainya. File data dapat berbentuk numeric, alfabeth ataupun alfanumeric. File dapat berbentuk bebas seperti file teks atau terstruktur.
Sistem berkas adalah suatu sistem untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan data dari file tertentu dan organisasi file yang digunakan. Sistem berkas menyediakan pendukung yang memungkinkan programmer mengakses file tanpa menyangkut perincian karakteristik penyimpanan dan peralatan pewaktu. Sistem berkas mengubah pernyataan akses file menjadi instruksi/output level rendah. Atau dengan kata lain Sistem berkas adalah cara untuk mengambil informasi dari suatu file.

1.2    Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dimakalah ini adalah :
1.        Apa yang dimaksud dengan indexed random?
2.        Bagaimana susunan index?
3.        Bagaimana pengaksesan secara random?
4.        Apa keuntungan indexed random?
5.        Apa kerugian indexed random?

1.3    Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan penulisan makalah ini adalah :
1.        Sebagai salah syarat untuk memenuhi tugas mata kuliah sistem berkas.
2.        Mengetahui pengertian indexed random.
3.        Mengetahui susunan index.
4.        Mengetahui pengaksesan secara random.
5.        Mengetahui keuntungan indexed random.
6.        Mengetahui kerugian indexed random.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian  Indexed Random

Dikutip dari (http://anidotnet.blogspot.com/2009/11/organisasi-berkas-indeks-sequential_01.html). Dijelaskan bahwa, random artinya acak,direct access yaitu dapat diaccess secara langsung. Memang dalam penggunaan organisasi file random (direct access) baik untuk membaca maupun penulisannya dapat dikatakan acak, tetapi berdasarkan nomor record yang harus selalu diberikan.
Random file merupakan suatu cara ataupun suatu metode penyimpanan dan pembacaan data yang dilakukan secara random atau langsung. Dengan demikian, random file juga disebut sebagai Direct Access File (Bisa dibaca secara langsung). Dalam hal ini, tempat penyimpanan data sudah diatur sedemikian rupa, sehingga setiap data akan tersimpan didalam tempat-tempat yang telah ditentukan sesuai dengan nomor data yang dimiliki-nya.

Adapun pengertian lain dikutip dari (http://indirpan.wapsite.me/Slide%20BSI/Pemrograman%20
Terstruktur/12.Organisasi+dan+Akses+File). Menjelaskan bahwa indexed random merupakan suatu cara/metode penyimpanan data yang dilakukan secara acak atau langsung. Dalam hal ini,tempat penyimpanan data sudah diatur sedemikian rupa, sehingga setiap data akan tersimpan didalam tempat-tempat yang telah ditentukan sesuai dengan nomor data yang dimilikinya.


2.2   Susunan Index
Organisasi file merupakan suatu manajemen file yang dikelola dan diatur oleh sistem operasi (operating system ). Dalam organisasi file dibagi menjadi 3 macam yaitu:

1.      Sequential
Sequential artinya berurutan, maksudnya file yang terekam atau di baca berurutan dari awal sampai akhir. Pada saat perekaman (penulisan) data, tersusun berdasarkan urutan data yang dimasukkan atau dientry. Data yang dimasukkan pertama akan menempati posisi record pertama, data yang dimasukkan kedua akan menempati posisi record kedua dan seterusnya.

2.       Random
Random artinya acak, Direct access yaitu dapat diaccess secara langsung. Memang dalam penggunaan organisasi file random (direct access) baik untuk membaca maupun penulisannya dapat dikatakan acak, tetapi berdasarkan nomor record yang harus selalu diberikan. Random Access File diasumsikan terdiri dari record yang memiliki ukuran tetap, atau set field yang berisi informasi. Anda dapat menggunakan user-defined type untuk membuat structure yang terdiri dari berbagai field, masing-masing dapat memiliki tipe data yang berbeda.
 Untuk mempercepat pencarian berdasarkan kunci record, dapat dibuatkan index untuk kunci record tersebut disertai alamat recordnya. Kunci record pada index tersebut harus sequential.

3.      Binary
untuk membaca dan menulis dalam bentuk sembarang. Binary Access memungkinkan Anda untuk menggunakan file untuk menyimpan data dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah itu berupa angka, string, atau keduanya. Akses biner mirip dengan akses acak kecuali bahwa tidak ada asumsi yang dibuat tentang tipe data atau panjang record. Namun, Anda harus tahu persis bagaimana data ditulis ke dalam file untuk dapat dibaca dengan benar. Sebagai contoh, jika Anda menyimpan serangkaian nama dan nomor telepon, Anda perlu ingat bahwa field pertama (nama) adalah teks dan kolom kedua (nomor telepon) adalah numerik.
  

2.2  Pengaksesan Secara Random.
Pengaksesan atau pengolahan atau pemrosesan data yang dilakukan secara random adalah dengan melakukan akses yang dimulai dari baris berapa saja dari sebuah tabel dan selanjutnya terserah ke baris-baris mana saja untuk akses berikutnya.
Ibarat kita akan mendengarkan lagu kelima dari sebuahcompact disc (CD), maka kita dapat langsung (direct) menuju ke lagu tersebut tanpa harus melalui lagu-lagu sebelumnya, dan selanjutnya kita juga bisa mendengarkan lagu keberapapun sesuai keinginan kita. Pengorganisasian secara sequential tidak dapat diakses secara random.
                                                   
2.3  Keuntungan Indexed Random
Sangat sesuai untuk kebutuhan File Transaksi, sebab transaksi harus diproses saat kejadian berlangsung. Data yang tersimpan tidak harus urut (sorted). Untuk pemrosesan lebih efisien, sebab ada beberapa file yang memerlukan perubahan saat proses berlangsung. Lebih cepat dalam hal pemanggilan data. Beberapa data yang tersimpan didalam file, bisa diperbaiki dalam waktu bersamaan.

2.4  Kerugian Indexed Random
Memerlukan adanya back-ap data. Sebab transaksi yang diperbaiki setiap saat bisa menghilangkan jejak data asal. Data yang tersimpan mempunyai potensi lebih cepat rusak. Kapasitas media penyimpanan memory menjadi besar. Memerlukan hardware dan software yang lebih kompleks apabila dibanding sequential file.

BAB III

PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulakn bahwa :
1.      Random file merupakan suatu cara ataupun suatu metode penyimpanan dan pembacaan data yang dilakukan secara random atau langsung. Dengan demikian, random file juga disebut sebagai Direct Access File (Bisa dibaca secara langsung).
2.      Organisasi file merupakan suatu manajemen file yang dikelola dan diatur oleh sistem operasi (operating system ). Dalam organisasi file dibagi menjadi 3 macam yaitu: sequential, random dan binary.
3.      Pengaksesan atau pengolahan atau pemrosesan data yang dilakukan secara random adalah dengan melakukan akses yang dimulai dari baris berapa saja dari sebuah tabel dan selanjutnya terserah ke baris-baris mana saja untuk akses berikutnya.
4.      Keuntungan indexed random Sangat sesuai untuk kebutuhan file transaksi, sebab transaksi harus diproses saat kejadian berlangsung.
5.      Kerugian indexed random memerlukan adanya backup data.

  
3.2 Saran
Dari penjelasan yang telah saya jelaskan di atas, maka diharapkan makalah ini dapat menjadikan pembaca menjadi memahami tentang indexed random.
Selain itu penulis juga menyarankan untuk menerapkan apa yang baik dari makalah ini dan juga mengingatkan penulis apa yang dianggap pembaca kurang baik dari makalah ini.
Makalah ini masih banyak memiliki kekurangan, untuk itu penulis menyarankan agar makalah ini bisa disempurnakan baik dari cara penulisan maupun pada struktur pembahasan.

DAFTAR PUSTAKA
http://anidotnet.blogspot.com/2009/11/organisasi-berkas-indeks-sequential_01.html (tanggal akses : 23 juni 2015)
http://indirpan.wapsite.me/Slide%20BSI/Pemrograman%20Terstruktur/12.Organisasi+dan+Akses+File(tanggal akses : 23 juni 2015)
http://faisalahdadamanik.blogspot.com/2012/02/organisasi-file.html ( tanggal akses: 23 juni 2015)
https://ericute.files.wordpress.com/2009/10/pert-12.pdf (tanggal akses : 23 juni 2015)
http://aqwam.staff.jak-stik.ac.id/?en_5.-berkas-dan-akses,50(tanggal akses : 23 juni 2015)
http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/sb2-4.html( tanggal akses : 23 juni 2015)
http://ajeng-dian.blogspot.com/2015/03/organisasi-berkas-indexed-random.html (tanggal akses : 23 juni 2015).

0 comments:

Post a Comment